Sekedar

Sekedar untuk mengikat ilmu melalui tulisan,
Sekedar untuk mengusir rasa malas,
Sekedar untuk mencoba bermanfaat,
Sekedar untuk mendapatkan ilmu, melalui komentar Anda.

Jumat, 22 November 2013

SEPENGGAL KENANGAN DI SMKN 1 SURABAYA




 Gambar 1. Foto Bersama Kepsek, Guru Pamong, dan Dosen UNESA

Mungkin ini adalah salah satu pengalaman yang sulit diungkapkan. Kenapa? Karena begitu banyak yang saya rasakan. Mulai dari rasa ketertarikan, semangat, optimis, senang, riang, sampai yang marah, sebel, menggerutu. Haha lengkap pokoknya.

Well, selama 6 bulan (menurut jadwal), akan tetapi waktu efektif sebenarnya adalah sekitar 3 bulan saja. Yah, karena kepotong sama UAS, libur, puasa, Hari Raya Idul Fitri, yang terakhir adalah agustusan. Saya dan teman-teman PPL PPGT lain yang berjumlah 13 orang diberi kesempatan untuk belajar mengajar sesuai dengan jurusan masing-masing (RPL, TKJ, dan Multimedia).


Saya diberi kepercayaan untuk mengajar “Jaringan Dasar” kelas X selama 1 bulan, karena harus menggantikan guru mata pelajaran yang lagi bertugas ke Thailand. Oke, meskipun sebenarnya saya merasa kurang mumpuni di bidang yang satu ini, tapi setelah membaca silabus ternyata materinya masih sangat dasar. Bismillah...

Gambar 2. Suasana Pembelajaran Jaringan Dasar

Kemudian mata pelajaran wajib yang harus saya ambil adalah “Menyusun Proposal Penawaran” kelas XII. Kenapa dikatakan wajib? Karena ini adalah instruksi langsung dari guru pamong. Hehee pelajaran ini sepertinya sepele, tapi ternyata saya juga harus belajar lagi untuk menguasainya. Mata pelajaran ini tidak hanya menuntut siswa Multimedia untuk bisa membuat produk Multimedia, akan tetapi juga bagaimana cara mereka untuk mengembangkan usaha/produknya itu. Dimulai dari membuat konsep usaha, memikirkan ide usaha/produk, membuat strategi, penjadwalan, menyusun dan mengelola anggaran, promosi, membuat surat penawaran kerja sama dengan perusahaan lain, dll. Kompleks pokoknya. Hehe Alhamdulillah saya jadi mau belajar lagi.

 Gambar 3. Suasana Pembelajaran Proposal Penawaran


Mata pelajaran ke-tiga adalah “Sistem Komputer” kelas X. Pertama kali mendengarnya terasa agak aneh yah, karena saya baru mendengarnya, yah disamping itu, ini termasuk mata pelajaran baru di kurikulum 2013 yang diajarkan untuk semua kelas X jurusan TI. Ternyata setelah membaca silabus baru deh saya ngeh. Kalau jaman kuliah dulu mungkin saya menyebutnya matakuliah elektronika digital. Subyek yang diajarkan sama, yaitu tentang macam-macam bilangan dan konverisnya, gerbang logika, aritmatika digital, flip-flop, counter, dan lain lain.

 Gambar 4. Suasana Pembelajaran Sistem Komputer


Karena saya telah diberi kepercayaan oleh guru mata pelajaran yang saya ajarkan, dan hampir setiap kali saya mengajar saya melakukannya sendiri. Jadi dengan kata lain, saya merasa bukan menjadi guru PPL, tapi guru mereka sebenarnya. Dengan demikian saya merasa tidak canggung dalam mengajar dan merasa punya kewenangan untuk mengatur kelas sepenuhnya.


Dengan keadaan yang seperti ini, memberikan saya keuntungan, salah satunya adalah merasa dekat dengan siswa. Ternyata memang benar, “Mengajar itu tidak pernah membosankan, karena yang kita hadapi adalah manusia dengan karakter yang berbeda”.

Ada karakter siswa yang pandai tapi individualis, siswa yang perfectionist, siswa yang selalu telat, selalu ngantuk, malas mendengarkan, usil, ramai, tidak bisa duduk diam, daaaan banyak lagi.


Ada juga karakter siswa yang sukanya mengadu, mulai dari hal kecil hingga hal yang besar. Dia berpikir bahwa dengan mengadu ke guru maka semuanya bisa selesai. Hahaaa kadang saya tertawa geli melihat tingkah laku mereka. It’s really wonderful. Love you all Guys.

Selain kegiatan mengajar, juga banyak kegiatan yang diadakan di sekolah dan mengajak kami untuk berpartisipasi. Diantaranya, kegiatan Agustusan, Pondhok Romadhon, Halal Bihalal, Talkshow dengan Perwakilan dari Jerman, Sharing dengan Dosen Myanmar yang lagi belajar Android di SMK, dan apalagi yaa.. hehe banyak lagi deh. 

Big Big Thanks to All members of SMKN 1 Surabaya. ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar