Sekedar

Sekedar untuk mengikat ilmu melalui tulisan,
Sekedar untuk mengusir rasa malas,
Sekedar untuk mencoba bermanfaat,
Sekedar untuk mendapatkan ilmu, melalui komentar Anda.

Selasa, 26 Maret 2013

PPGT (Program Pendidikan Guru Terintegrasi)



PPGT? Apa itu PPGT? Apa bedanya dengan PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang selama ini sudah berjalan?

Hehee hai sobat, mungkin mendengar istilah PPGT khususnya bagi kaum guru terasa sedikit mengganjal ya, karena ada tambahan “T” di belakang, dari istilah yang selama ini dikenal hanyalah PPG.

Sekilas Tentang PPGT

Oke langsung saja, saya akan berbagi info mengenai PPGT. PPGT baru dibuka pada akhir tahun 2012, jadi mahasiswa yang diterima (termasuk saya) merupakan angkatan pertama. Tujuan dari PPGT ini adalah mahasiswa lulusannya nanti akan mengajar SMK di seluruh Indonesia. Ohya oleh karena ini adalah program dari DIKTI, maka untuk latar belakang dibentuknya program PPGT ini dapat sobat lihat di http://seleksi.dikti.go.id/ppgtsmk/ . Link tersebut selain berisi tentang latar belakang dibentuknya program PPGT, juga sekaligus link untuk melakukan pendaftaran secara online.

Terdapat tahapan untuk bisa lolos menjadi mahasiswa PPGT ini, tahap pertama yaitu seleksi administrasi, tahap kedua yaitu ujian online (berkaitan dengan pengetahuan umum), dan tahap terakhir adalah wawancara. Sekedar tips saja bagi sobat yang ingin mengikuti PPGT di tahun berikutnya, apabila sudah lolos pada tahap pertama dan kedua, pada saat tahap wawancara yang terpenting adalah bagaimana kita bisa meyakinkan pewawancara bahwa kita serius mengikuti program ini dan tidak hanya ikut-ikutan apalagi coba-coba.


Apakah makna dari kata “terintegrasi”? mungkin banyak diantara sobat yang bertanya-tanya. Ok, maksud dari terintegrasi adalah bahwa pelaksanaan PPGT ini merupakan kolaborasi dari LPTK dengan politeknik. Sebagai contoh, saya mengikuti PPGT bidang studi TIK. Kuliah saya berada di 2 tempat, yaitu UNESA (Universitas Negeri Surabaya) dan PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Jadwal perkuliahan secara umum adalah 2 bulan pertama kami mendapatkan materi pedagogik di UNESA, kemudian 2 bulan berikutnya kami mendapatkan materi keahlian (RPL, TKJ, Animasi, Multimedia) di PENS, 2 bulan berikutnya kami mendapatkan materi workshop perangkat mengajar di UNESA, kemudian bulan selanjutnya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Ohya sekedar informasi saja, bahwa kuliah PPGT ini gratis loh sobat, malah kita mendapat beasiswa setiap bulan untuk biaya hidup. ^^

Banyak juga yang bertanya kepada saya mengenai “Berapa lama nanti saya ditempatkan setelah lulus?” “Apakah ditempatkan di seluruh Indonesia termasuk tempat terpencil?” “Apakah ada jaminan nantinya dapat diangkat menjadi PNS?”. Oke jujur saja saya jawab disini bahwa saya sendiri belum tahu menahu masalah ini. Bismillah..kita jalani ini dengan sungguh-sungguh. Nanti saat saya sudah lulus kuliah PPGT ini dan sudah tahu jawabannya, saya akan mengupdate informasi di blog saya. Ok? ^^


PPG vs PPGT

Ohya “vs” pada kalimat judul di atas bukan berarti sebuah pertarungan yah, hehe hanya saja saya ingin mengulas perbadaan antara keduanya berdasarkan persyaratannya.

PPG
PPGT
Memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi, kecuali Program Studi PGSD dan PGPAUD.








Mengajar di satuan pendidikan di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional.
Guru PNS yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah  (Pemda) atau guru yang dipekerjakan (DPK) pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
Guru bukan PNS yang berstatus guru tetap yayasan (GTY) atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan negeri yang  memiliki Surat Keputusan dari Pemda.

Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun.

Bersedia mengikuti pendidikan sesuai dengan
peraturan yang ada dan mendapatkan ijin belajar dari Kepala sekolah dan Pemda.
Memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi. Pada tahun 2012 bidang studi yang dibuka hanya beberapa, yaitu: teknik pendingin dan tata udara, teknologi pesawat udara, teknik perkapalan, teknologi tekstil, teknik grafika, geologi pertambangan, pariwisata, agribisnis produksi sumber daya perairan, agribisnis produk ternak, teknik otomotif, TIK, pelayaran.

bukan PNS,
fresh graduate are welcome,
GTT are welcome,
Non-kependidikan juga diperbolehkan,









Tidak harus memiliki NUPTK


Tidak harus mengajar terlebih dahulu.


Bersedia mengikuti pendidikan dan ditempatkan dalam jangka waktu yang ditentukan.
 

14 komentar:

  1. maaf, aq jg baru mw wawancara PPGT. btw, skrg ngajar dmn? d daerah asal atau di daerah yg ditunjuk? atau bhkan ga ngajar? PNS kah? sorry bnyk nanya... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang masih PPL di SMKN 1 Surabaya, untuk informasi selanjutnya pasca pendidikan PPGT akan saya share lagi setelah saya lulus dan pengabdian. :-)

      Hapus
    2. fakta lulusan PPGT angkatan pertama:

      1. tidak ada pengabdian. jadi bisa balik ke kampung halaman masing2 untuk mengabdi, atau mengikuti tes cpns di daerah2 yang membuka formasi
      2. tidak ada jaminan PNS, jadi kita sama2 bersaing dengan yang lain untuk mendapatkan kursi itu.

      demikian, semoga informasinya bermanfaat. :-D

      Hapus
  2. lulusan PPGT 2012 sampai saat ni 4/2/2014 belum dapat sertifikat pendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, memang belum dapat sertifikat. tapi kemarin kami diminta pihak LPTK untuk mengirim foto yang "katanya" untuk pembuatan sertifikat. yah ditunggu saja. semoga cepat selesai sertifikatnya.

      Hapus
  3. Sertifikat pendidik ppgt angkatan 2012 apa sudah jadi ?

    BalasHapus
  4. Sertifikat pendidik ppgt angkatan 2012 apa sudah jadi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah jadi sertifikatnya. Silakan baca tulisan saya berjudul Pasca PPGT.
      http://indahtree.blogspot.com/2014/05/pasca-ppgt.html

      Hapus
  5. assalamualaikum mba. berarti kalo mau dftr cpns harus melalui ppgt/sm3t ya? atau bisa langsung dengan ijazah s1?

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Mba Indah..
    Saya juga ingin daftar CPNS, sama seperti @smallanbig tapi hanya punya ijazah S1 & Akta Mengajar IV, apakah bisa? Tolong dijawab Tsm..

    BalasHapus
  7. mau tanya. program PPGT kalau di ikuti yang mapel nya seperti matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris. apahakah bisa?
    apakah PPGT masih ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PPGT hanya sampai tahun 2013, PPGT hanya menerima jurusan SMK dan PGSD, kalau jurusan seperti yg anda sebutkan itu bsa bergabung di SM3T

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. PPGT di buka pada Tahun 2011 dan hanya menerima 3 angkatan yaitu 2011, 2012 dan 2013. PPGT Mmenerima jurusan PGSD dan SMK, SMK hanya memiliki 4 jurusan yaitu
    1. Pendidikan administrasi perkantoran di Makassar
    2.Pendidikan teknik mesin di Jogya
    3. Pendidikan teknik bangunan di Surabaya
    4. Pendidikan elektro di Padang

    BalasHapus