A. Latar Belakang
SMK
merupakan jenjang pendidikan menengah kejuruan yang membekali peserta didiknya
dengan berbagai keterampilan dengan tujuan agar lulusannya dapat bersaing
memasuki dunia kerja. Pembelajaran SMK lebih menekankan pada praktikum yaitu
kemampuan psikomotorik siswa. SMK memiliki beberapa program keahlian
diantaranya adalah multimedia. Multimedia sendiri diartikan sebagai penggunaan
beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi
dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Salah
satu kompetensi yang harus dikuasai siswa pada program keahlian multimedia ini
adalah kompetensi menggunakan kamera digital. Secara garis besar, tujuan
pembelajarannya adalah agar siswa mampu mengoperasikan kamera digital, mampu
menggunakan fitur dan menu pada kamera digital, memanipulasi gambar, memindah
gambar, dan menyimpan gambar dengan format tertentu. Sebelum mengoperasikan
kamera digital tentunya siswa harus memahami konsep mengenai prosedur
menggunakan kamera serta mengidentifikasi fitur dan menu kamera. Oleh karena
sifat materi yang memerlukan kemampuan kognitif disamping kemampuan
psikomotorik, maka seyogyanya guru memilih model pembelajaran yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan kondisi peserta didik.
Model
pembelajaran seperti yang diketahui banyak sekali macamnya, diantaranya: model
pembelajaran kooperatif, model pembelajaran langsung, model pembelajaran
berbasis masalah, model pembelajaran kontekstual. Dalam memilih model
pembelajaran yang akan diterapkan, sebaiknya guru mempertimbangkan berbagai hal
dan menyusun perencanaan pembelajaran. Sebaik apapun model pembelajaran yang
diterapkan, akan tetapi apabila tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, keadaan siswa, dan tidak diikuti dengan penyusunan rancangan
pembelajaran, maka hal itu akan sia-sia dan tidak akan mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan.
Makalah
ini menyajikan uraian berkaitan dengan dasar pertimbangan pemilihan model
pembelajaran, rancangan pembelajaran, dan respon siswa atas pelaksanaan
pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
pengertian model pembelajaran dan kompetensi dasar?
2. Apakah
dasar pertimbangan pemilihan model pembelajaran kooperatif?
3. Bagaimana
rancangan pembelajaran kooperatif pada kompetensi dasar menggunakan kamera digital untuk siswa SMK
Multimedia?
4. Bagaimanakah
respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif?
5. Bagaimanakah
ketercapaian tujuan pembelajaran?
C.
Tujuan
1. Memahami
pengertian model pembelajaran dan kompetensi
2. Menganalisis
pertimbangan pemilihan model pembelajaran kooperatif
3. Menjabarkan
rancangan pembelajaran kooperatif pada kompetensi dasar menggunakan kamera digital untuk siswa SMK
Multimedia
4. Mengetahui
respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif
5. Menganalisis
ketercapaian tujuan pembelajaran
Penulis: Indah Tri Utami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar