Sekedar

Sekedar untuk mengikat ilmu melalui tulisan,
Sekedar untuk mengusir rasa malas,
Sekedar untuk mencoba bermanfaat,
Sekedar untuk mendapatkan ilmu, melalui komentar Anda.

Senin, 25 Maret 2013

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital Untuk Siswa SMK Multimedia

A.      Latar Belakang

SMK merupakan jenjang pendidikan menengah kejuruan yang membekali peserta didiknya dengan berbagai keterampilan dengan tujuan agar lulusannya dapat bersaing memasuki dunia kerja. Pembelajaran SMK lebih menekankan pada praktikum yaitu kemampuan psikomotorik siswa. SMK memiliki beberapa program keahlian diantaranya adalah multimedia. Multimedia sendiri diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa pada program keahlian multimedia ini adalah kompetensi menggunakan kamera digital. Secara garis besar, tujuan pembelajarannya adalah agar siswa mampu mengoperasikan kamera digital, mampu menggunakan fitur dan menu pada kamera digital, memanipulasi gambar, memindah gambar, dan menyimpan gambar dengan format tertentu. Sebelum mengoperasikan kamera digital tentunya siswa harus memahami konsep mengenai prosedur menggunakan kamera serta mengidentifikasi fitur dan menu kamera. Oleh karena sifat materi yang memerlukan kemampuan kognitif disamping kemampuan psikomotorik, maka seyogyanya guru memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan kondisi peserta didik.
Model pembelajaran seperti yang diketahui banyak sekali macamnya, diantaranya: model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran kontekstual. Dalam memilih model pembelajaran yang akan diterapkan, sebaiknya guru mempertimbangkan berbagai hal dan menyusun perencanaan pembelajaran. Sebaik apapun model pembelajaran yang diterapkan, akan tetapi apabila tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, keadaan siswa, dan tidak diikuti dengan penyusunan rancangan pembelajaran, maka hal itu akan sia-sia dan tidak akan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Makalah ini menyajikan uraian berkaitan dengan dasar pertimbangan pemilihan model pembelajaran, rancangan pembelajaran, dan respon siswa atas pelaksanaan pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

B.      Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian model pembelajaran dan kompetensi dasar?
2.      Apakah dasar pertimbangan pemilihan model pembelajaran kooperatif?
3.     Bagaimana rancangan pembelajaran kooperatif pada kompetensi dasar menggunakan kamera digital untuk siswa SMK Multimedia?
4.      Bagaimanakah respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif?
5.      Bagaimanakah ketercapaian tujuan pembelajaran?

C.       Tujuan
1.      Memahami pengertian model pembelajaran dan kompetensi
2.      Menganalisis pertimbangan pemilihan model pembelajaran kooperatif
3.    Menjabarkan rancangan pembelajaran kooperatif pada kompetensi dasar menggunakan kamera digital untuk siswa SMK Multimedia
4.      Mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif 
5.    Menganalisis ketercapaian tujuan pembelajaran

Penulis: Indah Tri Utami
Download Button


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar